Minggu, 08 Juni 2014

Issu terkini dalam asuhan kebidanan



MAKALAH
ISSUE TERKINI ASUHAN KEHAMILAN
Di susun guna memenuhi tugas mata kuliah asuhan kebidanan kehamilan 1



Oleh :
Desi Permanti                  13150147




PROGRAM STUDI D-3 KEBIDANAN
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKRTA
2013-2014
1.  Issu-issu terkini dalam asuhan kehamilan

·       Leher ibu hamil yang menghitam atau puting yang berwarna gelap menandakan bayinya laki-laki

Pembahasan : perubahan pada leher atau puting tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Perubahan warna kulit pada ibu hamil di akibatkan peningkatan progesteron dan melanos (hormon yang mengatur pigmentasi kulit). Karena itu puting susu yang menghitam biasa terjadi pada kehamilan, baik pada ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki atau perempuan. Selain perubahan warna kulit dan puting susus, ibu hamil juga memiliki guratan kehitaman di perut dan garis hitam dari pusar kebagian pubis. Namun gejala ini akan menghilang setelah melahirkan

·       Sebaiknya Ibu hamil tidak melakukan hubungan intim pada trimester pertama kehamilannya

Pembahasan : belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hubungan intim menyebabkan keguguran. Jadi sepanjang hal itu tidak menyakitkan dan tidak menimbulkan kenyamanan, ibu hamil boleh-boleh saja melakukannya

·       bila bentuk perut calon ibu membulat maka bayinya perempuan

Pembahasan: bentuk perut ibu hamil yang lonjong atau bulat tergantung posisi jain dalam kandungan jika janjin melintang, maka perut akan terlihat melebar. Namu jika posisi janin memanjang, perut akan terlihat tinggi. Selain itu bentuk perut ibu hamil jga tergantung pada elastisitas otot dan volume air ketuban.


·       pre-eklamsi dengan edema
Pembahasan : preklamsi dalam kehamilan di jumpai apabila tekanan darah ibu hamil 140/90 mmHg setelah kehamilan 20 minggu atau bisa lebih awal terjadi. Sedangkan eklamsi adalah apabila di temukan kejang kejang pada penderita eklamsi yang juga di sertai koma. Issue mengenai preklamasi dan edema pada ibu hamil sudah cukup luas berkembang sehingga bidan harus senantiasa meningkatkan keilmuannya agar dapat memberikan informasi yang tepat ketika memberikan asuhan pada ibu hamil
·       Issue : Ibu hamil tidak di perbolehkan mandi berendam

Pembahasan: ada beberapa wanita yang beranggapan bahwa wanita hamil hanya boleh mandi di bawah air pancuran. Tidak ada alasan medis untuk memilih satu dari yang lain sewaktu hamil. Pada trismester 3 wanita hamil mungkin perlu lebih berhati hati bila mandi berendam lebih lama dari biasanya karena keseimbangan sewaktu hamil berubah. Ibu hamil bisa saja terjatuh dan terluka sewaktu masuk atau keluar dari bak mandi. Jika keseimbangan jadi masalah maka sebaiknya mandi di bawah air pancuran.

·       PEMONITORAN FETUS ELEKTRONIK
(EFM= ELECTRONIC FETAL MONITORING)
Merupakan metode perekaman detak jantung bayi dan kontraksi anda selama persalinan. Penggantian teknologi tinggin dari terompet telinga atau fetoskop. Baik dalam bentuk ikat pinggang yg dililitkan pada abdomen atau sebuah elektroda lebih seperti pembuka botol kecil yg dijepitkan pada kepala bayi. Detak jantung dan kontraksi direkam diatas kertas yg bisa dilihat dengan jelas pleh saraf. Mungkin ada kilatan cahaya.

*   Tradisi Prakehamil
Ø Mitos : Agar segera hamil sepasang suami istri disarankan untuk mengambil pancingan, yaitu mengambil bayi atau balita tetangga untuk diasuh seolah anaknya sendiri.
Fakta : secara psokologi, saat menunggu kehamilan adalah saat dimana komunikasi suami istri sangat efektif, konsentrasi ikhtiar sangat difokuskan dan doa dikhususkan. Kehadiran  anak pancingan justru dapat memecah konstrasi tersebut dan membatasi kebebasan hubungan antara suami istri. Secara medis/biologis tidak ada faktor lain  yg menjadikan janin terbentuk kecuali bertemunya sel telur sang ibu dan sel sperma sang ayah. Konsepsi hanya akan terjadi jika sel telur yg matang bertemu dengan sel sperma yg sehat.
*   Tradisi masa hamil
Ø Mitos : ibu hamil dan suami dilarang membunuh binatang. Sebab , jika dilakukan bisa menimbulkan cacat pada janin sesuai perbuatan itu.
Fakta : Tentu saja tidak demikian, cacat janin disebabkan oleh kesalahan/kekurangan gizi, penyakit keturunan, / pengaruh radiasi. Sedangkan gugurnya janin paling banyak disebabkan karena penyakit , gerakan ekstream yg dilakukan oleh ibu misalnya (benturan) dan karena psikologis misalnya ( shock , stress , pingsan ) tapi, yg perlu diingat membunuh atau menganiaya binatan adalah perbuatan yg tidak bisa dibenarkan.
·       Mitos : membawa gunting kecil/pisau/benda tajam lainnya dikantung baju ibu agar janin terhindar dari mara bahaya
Fakta : Hal ini justrus membahayakan apabila benda tajam itu melukai si ibu .
·       Mitos : Ibu hamil tidak boleh keluar malam , karena ada roh jahat yang akan mengganggu janin .
Fakta : secara fisikologis , ibu hamil mentalnya sensitif dan mudah takut sehingga pada malam hari tidak dianjurkan bepergian . Secara medis biologis , ibu hamil tidak dianjurkan keluar terlalu malam .


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar